Apa Yang Saya Bawa?

stuffs

photo by : Sangaji Riwanto

sebagai seorang traveller / backpacker / atau apalah namanya yang disebut dengan seorang pecinta perjalanan, pasti membutuhkan barang-barang yang perlu dibawa saat bepergian. bagi saya, barang yang dibawa tergantung tujuan dan lamanya perjalanan. barang yang dibawa bisa berubah, namun ada beberapa barang yang selalu saya bawa yaitu :

1. backpack

backpack atau tas punggung pasti adalah alat utama yang diperlukan saat bepergian. untuk bepergian selama 2 atau 3 hari saya bawa backpack 35 liter. sedang jika saya bepergian lebih dari 3 hari saya memakai backpack 45 liter. nah, ketika saya melakukan perjalanan 18 hari tempo hari, terpaksa saya meminjam backpack 70 liter kepunyaan sahabat saya.  merek backpack tidak terlalu saya pentingkan, yang terpenting bagi saya adalah elemen kenyamanan ketika backpack tersebut saya gendong dan ketahanan backpack dalam membawa beban.

2. kamera

ada 2 kamera yang biasanya saya pakai, 1 pocket cam dan 1 DSLR. kamera yang saya bawa tergantung urgensi perjalanan yang saya lakukan. apabila memang berniat mencari objek menarik untuk difoto, saya bawa DSLR dan berbagai jenis ubo rampe – nya. Namun jika ingin menikmati perjalanan, saya biasanya hanya membawa pocket cam dan terbiasa melakukan random

3. alat mandi

saya terbiasa memisahkan alat mandi yang saya gunakan sehari – hari dan untuk bepergian. alat mandi yang saya bawa bepergian saya taruh di dalam tas kecil, sehingga saat ingin bepergian saya tinggal membawa tas kecil berisi alat mandi tersebut. alat mandi yang saya bawa biasanya : sikat gigi, pasta gigi, pisau cukur, sabun cair, shampoo sachet, handuk kecil, parfum dan foam cuci muka.

4. baju ganti

barang bawaan ini adalah barang paling fleksibel yang saya bawa. biasanya saya membawa kaos oblong 2 – 5 helai, kemudian 1 celana panjang dan 1 celana pendek.

5. baju dalam

dulu saya bisa membawa banyak celana dalam. karena kebiasaan saya, saya harus berganti celana dalam setiap hari. untungnya sekarang sudah ada celana dalam dari kertas. saya sekarang terbiasa membawa itu, selain praktis juga ringkas jika dibawa. pakai lalu buang.

6. small stuffs

yang saya maksud adalah alat-alat kecil yang sangat tentatif untuk dibawa. seperti pemutar musik, kacamata cadangan, kaos kaki, kaos tangan, senter, pisau dsb. semuanya tergantung kebutuhan, namun biasanya alat-alat kecil ini urgensinya lumayan penting.

7. obat-obatan pribadi

persiapan yang mumpuni pasti akan menjamin perjalanan berjalan dengan lancar. barang seperti obat-obatan selalu saya bawa sebagai antisipasi apabila terjadi kejadian tidak diduga. dalam tas obat saya, tersedia obat sebagai berikut : minyak angin, obat maag, obat sakit kepala, paracetamol, betadine, powder talk dan tolak angin / antangin (sebut merk).

8. baju hangat dan alas kaki

ini juga tentatif sekali, tergantung durasi dan urgensi perjalanan. ada sepatu trekking, casual dan formal. selain itu juga ada flip-flop, sendal gunung dan crocs. baju hangat juga ada beberapa mulai jumper, windbreaker, jaker casual, jaket kulit, sweater. semuanya tergantung keperluan saya saat bepergian.

9. tas pinggang
saya hanya punya 1 tas pinggang bermerk eiger model oldskool. gunanya macam-macam dan biasanya saya gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil dan ringkas.

nah, hal-hal di atas merupakan beberapa hal yang saya bawa saat bepergian. saya percaya persiapan yang baik akan membuat perjalanan menjadi semakin menyenangkan. selamat bepergian!

3 thoughts on “Apa Yang Saya Bawa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s