Apa Yang Saya Lakukan?

 

dalam berwisata ada beberapa hal penting yang harus dijaga, ini berkaitan dengan sopan santun dan etika lokal. secara umum ada panduan-panduan baik tertulis dan tidak tertulis saat di tempat wisata yang akan diberitahukan oleh pemandu,. namun bagi saya ada beberapa hal-hal penting yang saya lakukan agar saya tidak menjadi wisatawan yang hanya datang lalu pulang.

1. observasi

hal pertama yang saya lakukan saat berwisata adalah mengobservasi tempat berikut karakteristik warga lokal. biasanya saya diam dulu melakukan pengamatan, berkeliling tempat wisata lalu memperhatikan perilaku pengunjung dan warga lokal. di tahap saya belum mengeluarkan kamera untuk mendokumentasikan gambar karena saya harus memastikan apakah saya diperbolehkan mengambil gambar tempat wisata tersebut.

2. interaksi

hal kedua adalah saya melakukan interaksi dengan warga lokal. menggali info dan mencari tahu kearifan lokal disini. kadangkala saya mendapat cerita yang menarik, lalu mendapat lokasi wisata baru yang belum diketahui orang banyak. penting untuk bersikap sopan dan siapkanlah pertanyaan sabanyak-banyaknya untuk mendapatkan info sebanyak-banyaknya. di tahap inilah saya sekalian meminta izin untuk mengambil gambar lokasi tersebut.

3. dokumentasi

saatnya mengambil gambar lokasi tersebut maupun merekam video. selain itu saya membuat catatan-catatan kecil tentang tempat tersebut. dokumentasi sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan bentuk. bagi saya, dokumentasi berupa foto, tulisan dan mengumpulkan pernik-pernik saat berwisata merupakan bagian dari dokumentasi.

4. publikasi

biasanya publikasi saya lakukan setelah perjalanan selesai. saya mengkompilasi foto-foto perjalanan, lalu menulis catatan perjalanan untuk kemudian saya publikasikan melalui sosial media.

5. sharing

lalu hal terakhir adalah saling berbagi mengenai tempat wisata dan perjalanan saya tadi di berbagai komunitas. sharing ini penting karena banyak detail yang bisa kita bagikan. manfaatnya banyak, selain tempat wisata tadi bisa semakin ramai juga memberikan edukasi tentang kepada khalayak tentang tempat wisata tersebut.

nah sedikit hal tersebut yang saya lakukan supaya tidak menjadi wisatawan yang datang lalu pulang. minimal saya bisa menjadi seorang wisatawan yang bertanggung jawab.

2 thoughts on “Apa Yang Saya Lakukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s