Resolusi

menurut KBBI, resolusi dimaknakan sebagai berikut :

[ re·so·lu·si /résolusi/ n putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan suatu — yg akan diajukan kpd pemerintah ]

tapi bagi saya dan masyarakat kebanyakan, resolusi dimaknakan sebagai sesuatu yang akan dicapai di tahun 2012. sebenarnya resolusi yang saya buat di 2012 sama dengan resolusi 2011 adalah mengurangi trip, tapi kenyataan berkata lain bahwa di 2011 justru banyak sekali trip dibanding 2010. di 2012  saya hanya merencanakan satu trip di bulan oktober nanti. 1 trip tapi butuh persiapan yang panjang dan matang serta biaya yang tidak sedikit.

resolusi kedua sebenarnya agak sedikit idealis, tapi tampaknya harus saya lakukan. saya akui sejak 2009 sempai 2011 saya banyak trip, boleh dibilang banyak sekali. tapi periode awal 2011 saya merasakan kejenuhan luar biasa, ada yang kosong begitu saya ngetrip, seolah tidak ada yang baru dari setiap trip yang saya lakukan.kekosongan ini melanda saya sampai saya terpilih menjadi petualang ACI 2011, dimana saya mendapatkan gairah baru dalam ngetrip. gairah itu dinamakan gairah berbagi, gairah memberikan sesuatu kepada khalayak dari trip yang saya lakukan.

rupanya selama rentang waktu 2009 – 2011 saya ngetrip hanya untuk kepuasan pribadi, melampiaskan ego saya, berpuas-puas dengan diri saya.  tidak ada yang saya dapat selain kepuasan pribadi. kalau kata orang kapitalis abad 17 – 18 = Gold, Gospel, Glory atau kata orang Romawi Kuno = Vini, Vidi, Vici.

setelah ikut ACI dan melihat kehidupan di Indonesia Timur saya disadarkan bahwa trip tak sekedar melampiaskan ego pribadi. melalui ACI saya percaya bahwa dari setiap perjalanan saya lakukan saya bisa memberikan sesuatu kepada khalayak. seenggaknya ada manfaat yang diperoleh orang lain dari perjalanan yang saya lakukan.

maka sibuklah saya membuat blog, harapan saya khalayak bisa membaca kisah-kisah saya. memberitahukan tempat-tempat baru yang jarang dikunjungi dan semua itu mungkin pada akhirnya bisa menyadarkan semangat kecintaan bangsa Indonesia pada tanah airnya.

pada akhirnya mimpi saya adalah bangsa Indonesia memiliki etos wisata yang tinggi. memiliki rasa memiliki, merawat dan menjaga tempat wisata. bersikap terbuka pada pendatang dan bisa hidup dari sektor wisata. bukankah jika dimaksimalkan perekonomian dari sektor wisata sungguh menjanjikan?

ah..semoga resolusi 2012 tercapai, dimulai dari tulisan sederhana ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s