Makanan Yang (Mungkin) Ditemui Di Seluruh Indonesia

dalam travelling acapkali kita menyambangi daerah baru dengan budaya kuliner yang belum kita kenal. biasanya saya mencicipi makanan baru dari kota tersebut. namun kadang saya tidak cocok dengan makanan di daerah tersebut. jika terjadi hal yang demikian, maka saya pun mencari makanan yang kira-kira sesuai dengan perut. dan setelah saya observasi ada beberapa makanan yang cocok dengan perut, rasanya pas dan tersebar di seluruh Indonesia, jadi jangan khawatir jika suatu waktu sampai ke pelosok Indonesia, barangkali bisa bertemu dengan salah satu makanan ini. uniknya, makanan yang tersebar di seluruh indonesia ini memiliki ciri khas yaitu ada embel-embel nama daerah asal makanan tersebut, berikut daftarnya :

1. Nasi Padang.

Bangsa Minangkabau memang terkenal sebagai perantau karena merantau adalah budaya mereka. Bagi seorang laki-laki yang beranjak dewasa, merantau merupakan cerminan harga diri dan kedewasaan. nah saat merantau ke berbagai daerah ini tentunya Bangsa Minang turut membawa budayanya termasuk budaya kuliner, dan yang paling terkenal adalah Nasi Padang. siapa yang tak kenal Nasi Padang? dengan display khas di warungnya dan rasa pedas rempah yang memikat tentunya tidak ada yang tidak kenal nasi padang.

penyeberannya? nasi padang ini hampir ada di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sampai luar negeri. displaynya pun tetap khas, standar dan mencirikan itu adalah warung nasi padang. kalau ada adaptasi, mungkin ada di rasa yang menyesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. contohnya : bumbu nasi padang di Jogja dibuat lebih manis untuk mengakomodasi selera masyarakat Jawa yang suka makanan manis.

harga nasi padang ini juga bisa dijadikan standar saat membeli makanan, hampir di setiap daerah harga untuk makan di nasi padang tidak terlalu jauh beda. kisarannya antara 10 – 20 ribu. jadi bisa dikira-kira pengeluaran untuk konsumsi apabila makan di nasi padang. kalo misalnya di daerah baru saya belum terlalu mengenal makanan atau tidak cocok dengan makanannya, maka yang pertama saya cari adalah Nasi Padang.

2. Sate Madura

apa yang anda pikirkan tentang Madura? Suramadu, Garam, Karapan Sapi, Cukur Rambut ? kalau saya jelas akan memikirkan Sate. sate adalah icon paling terkenal dari Madura. lihat saja, di sudut-sudut Indonesia pasti ada yang jual sate madura. entah mau pake gerobak dorong, atau mangkal dengan warung tenda.

daging bakar dengan bumbu kecap atau kacang ini layaknya makanan sejuta umat. populernya bukan main, entah siapa yang mempopulerkan. baik sate ayam, sapi atau kambing semua sedap, mau pake bumbu apa juga enak dan klop dengan perut.harganya? rata-rata standar antara 8000 sd 20000 per porsinya, atau boleh juga pake hitungan tusuk.

persebaran sate madura ini mungkin bisa disamakan dengan Nasi Padang, ada di seluruh Nusantara. gak percaya? buktikan saja sendiri.

3. Lamongan

mau makan dimana? Lamongan. pertanyaan dan jawaban itu serinngkali terucap saat orang-orang bingung akan makan apa. mungkin yang awam akan berpikir, jauh banget sampai mau makan pun harus di Lamongan.tidak, yang dimaksud Lamongan adalah Warung Pecel Lele Lamongan. saking banyaknya warung ini, maka sampai-sampai sekarang orang hanya menyebutkan “Lamongan” saja. bahkan mungkin “Lamongan” ini lebih dikenal sebagai tempat makan, daripada kotanya sendiri. Lamongan pun menjadi terkenal seperti halnya saudaranya Madura dengan satenya.

menu Lamongan memiliki standar sama hampir dimanapun warung Lamongan itu berada.  ayam, bebek, lele, tempe dan tahu goreng kering ditambah sambal penyet. nasinya bisa milih nasi uduk atau biasa. di beberapa warung juga ada menu soto babat. nah, asyiknya Lamongan adalah rasa sambel dan soto babat antara satu warung dengan yang lain itu beda-beda.  standar kesamaan di Lamongan ada pada menu gorengannya yang kering.

mungkin ada yang belum percaya kalo Lamongan ini ada dimana-mana. saya pernah makan Lamongan di suatu tempat bernama Ampana, Kabupaten Tojo Una-una. Hayo, siapa yang tahu tempatnya?

4. Soto, Bakso dan Nasi Goreng.

tidak ada embel-embel kedaerahan untuk tiga jenis makanan ini karena variannya banyak sekali.misalkan soto, ada banyak sekali varian soto seperti soto banjar, soto kudus, soto semarang, soto betawi dan lain sebagainya. kesepakatan umum yang dimaksud dengan soto adalah makanan berkuah dengan nasi dan suwiran daging. mau bumbunya seperti apa, kuahnya berupa apa, dan dari daerah mana , yang namanya soto pasti bisa langsung dikenal.

pun begitu dengan nasi goreng, ada berbagai macam jenis nasi goreng, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng sapi dan lain-lain. penamaan nasi goreng ini lebih absurd dan terkesan suka-suka pembuat nasi gorengnya. kesepakatan umum tak usah dijelaskan lagi,  yang namanya nasi goreng ya nasi yang digoreng.

apalagi bakso, bakso juga bisa ditemukan di seluruh Nusantara.mungkin dari spesies bakso yang paling dikenal adalah bakso Malang. tapi bukan berarti bakso berasal dari Malang. karena ditemukan banyak sekali spesies bakso seperti bakso wonogiri, bakso cuanki, bakso tasik, bakso uleg temanggung dsb. nah, yang jelas bakso ini memiliki keseragaman umum, yaitu gilingan daging dan pati yang dibentuk bulatan, mau besar atau kecil itu terserah penjual.

3 jenis makanan tadi juga bisa ditemui di seluruh wilaya nusantara, dimanapun bisa menemui soto, bakso dan nasi goreng. contohnya saat saya di Desa Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Poso (silahkan buka peta dan temukan tempatnya) saya menemukan ada penjual Soto dari Sukabumi. cum dengan Bakso dan  Nasi Goreng, saya pernah menyantap nasi goreng dari Medan sampai Manado, lalu menemui penjual Bakso di Lombok Timur.

nah, sudah ada 5 jenis makanan yang bisa ditemui di seluruh Indonesia, 4 jenis makanan tadi yang saya pilih sebagai penyelamat apabila perut saya tidak cocok dengan rasa makanan di daerah tersebut. ada yang mau menambahi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s