Mengenang Backpacker STAN

foto di atas adalah foto saat Backpacker STAN mengadakan trip bareng bersama ke Bogor. berangkat dari kampus shubuh, mengeksplore Bogor dengan berjalan kaki dan kembali ke kampus menjelang tengah malam.

berawal dari gagasan beberapa kawan yang suka jalan di kampus dan diseriusi dengan beberapa kali kongkow bareng di akang, akhirnya dilaunching juga organisasi backpacker di kampus dengan nama Backpacker STAN. tanggal lahirnya komunitas ini sekaligus berbarengan dengan trip pertama Backpacker STAN ke Bogor, saat libur imlek tahun 2008.

waktu itu saking semangatnya bahkan sampai mau dibuat UKM Backpacker di kampus, motifnya sih supaya dapat dana dari BEM untuk jalan-jalan plus saat itu BEM sedang sangat kondusif dan mendorong pembukaan banyak UKM baru. tapi terbengkalai karena terhadang anggota Backpacker STAN yang kebanyakan tingkat 3 dan disibukkan oleh urusan menjelang kelulusan. bahkan seandainya UKM itu jadi ada, kami yakin mungkin akan menjadi UKM Backpacker pertama yang pernah ada di Kampus Kedinasan.

pasca trip perdana itu, maka terus dilanjutkan dengan trip-trip selanjutnya yang dilakukan oleh personel Backpacker STAN. bagi saya, ini titik awal kembalinya saya ke dunia petualangan sampai sekarang, setelah sempat vakum karena konsentrasi belajar di bawah tekanan bayang-bayang DO.

komunitas ini sebenarnya berprospek besar karena banyak sekali yang berminat dan menanyakan trip-trip selanjutnya. perkembangan dan minat backpacking saat itu sangat massif, sehingga Backpacker STAN pernah diundang sebagai guide untuk acara BEM dan bahkan diberi satu spot saat pameran UKM. sebuah prestasi yang cukup membanggakan untuk ukuran organisasi baru di kampus.

sayang, umurnya tidak bertahan lama karena akhir 2008 Backpacker STAN memasuki masa vakum sampai waktu yang tidak ditentukan, entah akan penerusnya atau tidak. kelemahan Backpacker STAN adalah tidak ada regenerasi, mayoritas anggota Backpacker STAN saat itu sudah mendekati lulus, sementara junior / adik tingkat yang bergabung jumlahnya sedikit. mungkin kesibukan belajar atau kesibukan yang lain tidak tahu. setidaknya keberadaan Backpacker STAN pernah menjadi trigger bagi kehidupan petualangan di kampus.

biarlah Backpacker STAN tetap menjadi kenangan dan yang pernah menjadi bagian didalamnya tetap bertualang ke seluruh penjuru Nusantara, bahkan dunia.

in memoriam Backpacker STAN : Januari 2008 – Desember 2008.

This slideshow requires JavaScript.

6 thoughts on “Mengenang Backpacker STAN

  1. waaaa….jaman ini..ckckckck…
    rumah pakdeku dimasukin juga potonya…
    pas perjalanan ke solo juga, jadi inget goncengan ma devi…
    shinchand masih kurus sekaliiii…..^^

    nice moment dah…

  2. Woo.. satu almamater kita rupanya.. kalo aku jaman kuliah dulu blm hobi backpacker-an. Baru muncul semangat traveling pas udah kerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s