Mau Keterima ACI? Baca Ini!

siapa yang tidak tahu ACI? program yang mengirim pemuda-pemuda ke seluruh penjuru Nusantara untuk menyebarkan virus cinta Indonesia dan menikmati keindahan Indonesia yang luar biasa luas ini. alhamdulillah saya tahun 2011 terpilih menjadi 1 dari 60 petualang yang berkesempatan menikmati keindahan Indonesia melalui ACI ini. seleksinya sendiri ada beberapa tahap dan setelah berjuang akhirnya bisa terpilih 1 dari 75000 pendaftar, saya menyebutnya ini sebagai hadiah terindah yang pernah saya terima dalam hidup saya. ada 2 tahap seleksi, yang pertama seleksi online dan kedua wawancara yang harus diikuti seluruh peserta. berikut saya bagi tips bisa diterima menjadi salah satu Petualang ACI 2011, sebelumnya saya pernah mentwit hal ini di twitter @ACIdetikcom dan inilah versi panjangnya.

1. Cinta Indonesia

syarat pertama dan utama kompetisi ini adalah mencintai Indonesia. tajuknya saja sudah Aku Cinta Indonesia, bagaimana mungkin yang tidak mencintai Indonesia bisa masuk program ini. program ini untuk menyebarkan rasa cinta kepada Indonesia dan rasanya pesertanya pun harus cinta Indonesia.

2. Punya Gambaran Jelas Tentang Indonesia

maksudnya adalah : “apa sih yang akan anda lakukan untuk Indonesia?” pada saat wawancara, saya diminta menjelaskan konsep apa yang anda lakukan untuk Indonesia. waktu itu jawaban saya adalah membuat edukasi bagaimana berwisata dengan bertanggung jawab.

3. Konsisten

di tahapan – tahapan pendaftaran sampai wawancara, akan ada permintaan mengisi jawaban dan sedikit narasi. konsistenlah dalam mengisi jawaban tersebut dari awal sampai akhir.

4. Jujur dan Percaya Diri

Jujurlah pada diri sendiri dan jangan lupa percaya diri. saat tahap wawancara nanti buatlah analisa SWOT anda sendiri dan sampaikan pada pewawancacara sejujur-jujurnya. tak perlu menambah atau mengurangi, anda sendiri yang tahu kemampuan anda sendiri. jika memang belum pernah naik gunung, katakan belum pernah. lalu percaya diri adalah kunci paling penting untuk meyakinkan pewawancara terhadap anda.

5. Unik

berpenampilan unik mungkin akan memberi kesan tersendiri di saat wawancara. tidak perlu berlebihan, cukup pakai ikat kepala tradisional, membawa senjata tradisional atau membawa bendera Indonesia. pewawancara pasti akan melihat impresi anda. selain itu jika ditanya tentang destinasi, jawablah dengan jawaban yang unik. Bali, Lombok dan Raja Ampat itu sudah jawaban yang umum dan terlalu populer, jawablah misalnya ke Laut Sawu, Nokilalaki, Atambua dsb.

6. Skill

saya perhatikan dalam satu tim rata-rata terbagi menjadi seorang penulis, seorang fotografer dan seorang avonturir dengan skill khusus (diver, mountaineer, dsb). kalau merasa memang punya salah satu dari ketiga skill diatas, asahlah skill tersebut dan ungkapkan pada saat wawancara. jika dirasa perlu buatlah semacam portofolio pribadi tentang skill anda tersebut.

7. Aktif di Social Media

saat dari tahap seleksi dari 75.000 sampai 750 peserta pasti panitia akan menyeleksi peserta dari akun social media yang dimilikinya, entah itu facebook, twitter, blog atau yang lainnya. pada saat itu aktiflah dengan membuat catper, foto dan aktivitas lain yang menunjukkan bahwa anda memang pantas terpilih. paling tidak tulislah catper atau unggah foto-foto trip atau jalan-jalan anda yang menunjukkan bahwa anda memang seorang traveller/backpacker.

8. Jika Memang Petualang, Tunjukkan!

Program ini mencari 60 petualang, garisbawahi kata petualang. jadi kalau memang anda petualang, tunjukkan! dan tak usah terlalu berlebihan. seorang petualang sejati yang bukan poser, tidak perlu mencolok. dari attitudenya seorang petualang bisa langsung dikenali, beda dengan orang biasa yang lalu sok-sok berpenampilan seperti petualang. tapi jangan khawatir, jika memang bukan petualang, program ini akan menjadikan anda seorang petualang sejati.

9. Pantang Menyerah

Thomas Alfa Edison beratus kali bereksperimen untuk membuat 1 bohlam lampu. jadi jangan menyerah apabila memang tidak diterima, kesempatan itu tidak datang dua kali dan saat kesempatan datang jangan lepaskan. saya tahun 2010 gagal dan 2011 akhirnya diterima. saya tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. kesempatan tidak datang dua kali dan saya pun bersikeras berangkat dengan berbagai macam resiko yang akan saya terima.

10. Berdoa

yang terakhir jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua. saya percaya ada invisible hands yang mengatur saya supaya saya bisa terpilih menjadi Petualang ACI 2011 dan pertolongan invisible hands itu bisa didapat melalui doa dan restu orang tua.

gambar oleh Jefri.

nah, demikian sedikit tips dari saya. semoga membantu anda sekalian yang ingin menjadi petualang ACI 2012.

8 thoughts on “Mau Keterima ACI? Baca Ini!

  1. nambahin ya:
    tunjukan juga prestasi yang pernah didapat setelah berjalan-jalan. misalnya, habis jalan2 kesuatu tempat lalu menghasilkan tulisan/karya foto yang dimuat di majalah2 travel nasional/internasional. pernah membuat pameran foto jalan2. atau pernah menjuarai lomba petualangan tertentu. apalagi kalau karya2 itu juga berhubungan dengan latar belakang profesi kita. sebagai contoh ya, diriku yang dokter hewan suka membuat tulisan perjalanan yang berhubungan dengan satwa liar/peliharaan yang dimuat di berbagai majalah travel dan majalah penerbangan Indonesia… hehee..terakhirnya ternyata pengen eksis ngangkat diri sendiri juga ya…hehee..

    numpang ya om..

    • wah..bener banget tambahan dari mas Oka.
      waktu itu saya juga menyebutkan beberapa foto dan artikel saya yang dimuat di media.
      termasuk foto yang masuk ke majalah Panorama..hehehe.🙂

  2. intinya (mungkin bisa dibilang HARUS), mempunyai PRESTASI trlbih dahulu. krn mayoritas yg sy kenal ditrima di ACI, termasuk ada 4 org teman, mereka smua memiliki prestasi. bahkan 2 org yg pernah menjadi pemenang “Microsoft Bloggership Award” pun ditrima dgn mudahnya🙂

    trimakasih atas tips2nya mas efnerr..

    salam,

    • tidak semua mas dan tidak harus fadhil..
      bahkan saya tidak memiliki prestasi apa-apa, baik blogging atau foto atau apapun itu.
      teman aci 2011 malah ada yang belum pernah bertualang sama sekali..dan lolos.

  3. maksud saya bukan prestasi kejuaraan, atau masuk dalam 3 besar suatu kompetisi. tetapi dalam cakupann yg lebih luas lagi. termasuk tulisan dan poto mas efenerr yg pernah di muat di majalah panorama jg merupakan sebuah prestasi🙂

    sy yakin walau ada peserta aci yg belum pernah berpetualang tp memiliki prestasi yg bisa diperhitungkan. seperti penulis skenario PJP the movie, kak nunuk, dll. atau bisa juga dgn latar pendidikan di universitas ternama🙂

    salam,

    • iya..kalo saya lihat, ada kesamaan dari peserta ACI.
      yaitu tiap tim terdiri 3 orang.. 1 orang penulis, 1 fotografer dan 1 orang dengan skill khusus (diving, mountainering, etc)

Leave a Reply

