Di Bali Kutemukan Sunset Paling Indah.

apa yang akan dicari di Bali selain pantai, budaya, bule dan bikini? kalo saya jawabannya adalah sunset. sunset di Bali konon tersohor keindahannya sampai ke seluruh penjuru dunia. berbondong-bondong orang ke Bali untuk menikmati hal-hal yang saya sebutkan tadi, termasuk saya sendiri.

meluncurlah saya ke Tanah Lot, tempat idola para sunset hunter yang sedang berada di Bali. dengan sepeda motor saya sudah sampai di Tanah Lot sekitar pukul 17.00 yang mana pada saat itu sangat banyak pengunjung yang ingin menikmati sunset sekaligus meyaksikan pertunjukan Tari Bali di sekitar Tanah Lot.

begitu masuk kompleks Tanah Lot saya disambut banyak sekali kios yang menjual baju-baju pantai serta souvenir khas bali pun dengan banyaknya pengunjung yang datang, riuh sekali sore itu. saya langkahkan kaki menuju Pura Tanah Lot sambil menikmati suasana, di tangan kanan saya ada teh botol yang saya seruput kadang-kadang. beberapa kali saya berhenti untuk mengambil gambar dan berinteraksi dengan beberapa wisatawan.

rupanya air sudah pasang, saya tidak bisa menyeberang ke Pura, seharusnya sayang lebih pagi kesana. berhubung semakin sore, saya bertanya kesana – sini tempat menikmati sunset. oleh seorang bapak berbusana tradisional Bali saya ditunjukkan arah menuju cafe-cafe di sebelah kiri, dibelakang kios-kios souvenir yang terhampar. mudahnya bagi yang ingin kesana, lurus saja masuk ke kompleks Pura, sebelum turun ke area Pantai nanti berbelok kiri ada jalan kecil menuju cafe-cafe tersebut, disitulah spot populer memfoto sunset di Tanah Lot.

foto di atas adalah set tempat duduk di cafe-cafe yang menyajikan sajian utama berupa sunset di Tanah Lot, kursi-kursi ditata menghadap ke laut lepas. untuk duduk di kursi tersebut pengunjung disana harus memesan makanan di cafe-cafe tersebut atau mungkin segelas dua gelas minuman, maka kita sudah boleh duduk dan menikmati sunset disini.

tapi saya tidak berhenti disini, terlalu mainstream jika hunting sunset disini, akan terlalu rame dan tidak bisa menikmati suasana. karena pas saya datang saja sudah banyak wisatawan yang booking meja dan memasang ubo rampenya berupa kamera yang sudah terpasang rapi menunggu sunset datang.

berdasar informasi rekan sesama traveller sehari sebelumnya di ujung jajaran cafe-cafe di Tanah Lot ini ada jalan kecil menuju padang golf Bali Nirwana Resort, dan kesanalah kaki saya langkahkan. semakin ke ujung semakin sepi dan akhirnya sampai ke daerah dengan tanaman perdu yang rapat di kanan-kiri jalan.

di tengah jalan saya bersua dengan anak-anak Tanah Lot yang sedang bermain, saya lalu bercengkrama dengan mereka dan berfoto sebentar. anak-anak itupun malah mengantarkan saya ke lapangan golf sembari menunjukkan jalan, tentunya sambil tertawa-tertawa gembira.

sampai di pintu kecil menuju lapangan golf saya menjadi gamang. apakah pengunjung seperti saya boleh masuk kesana? lalu ada bapak-bapak yang lewat dan justru memperbolehkan saya masuk. rupanya tempat ini sudah biasa dijadikan tempat berburu sunset, karena sedikit yang tahu maka manajemen resort pun memperbolehkannya.

sepanjang mata memandang hanya ada hamparan rumput hijau dan samudera luas yang sungguh indah. nikmat sekali menikmati sunset disini. tidak ada penghalang pandangan, angin semilir serta tempat yang sepi. saya lihat hanya ada saya dan 2 orang bule yang menikmati sunset disini. tidak usah khawatir kena bola golf, siapa juga yang akan bermain golf disini menjelang malam. saya pun duduk santai, mengunyah cemilan, mempersiapkan kamera menanti sunset tiba.

saya pun terbuai dengan angin yang berhembus dengan kencang sampai-sampai hampir tertidur, rupanya sunset yang dinanti pun datang, tanpa babibu lagi saya segera menjepret kamera dan mengambil beberapa foto sunset. setelah itu saya menikmati momen matahari tenggelam sampai benar-benar gelap. saya sarankan, jika mencari momen sunset yang indah dramatis, cobalah menikmatinya disini.

This slideshow requires JavaScript.

2 thoughts on “Di Bali Kutemukan Sunset Paling Indah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s