Ciblang – ciblung

sekali waktu saya ingin berwisata tanpa mengeluarkan banyak tenaga, berwisata di tempat populer dan tak perlu bersusah payah menikmati waktu bersenang-senang. atas dasar itulah saya menuju Owabong, Purbalingga. salah satu waterboom terpopuler yang ada di Jawa Tengah.

Owabong bisa ditempuh satu jam perjalanan dari Purwokerto, empat jam dari Jogja dan atau Semarang. lokasinya ada di Purbalingga, di sebuah kawasan bernama Bojongsari. disini terdapat 3 mata air yang mensupply air ke waterboom ini, jadi air yang ada di waterboom ini adalah air alami dari mata air.

sejarahnya panjang, pemandian ini sudah ada sejak jaman Belanda dan dikenal dengan nama Pemandian Bojongsari. setelah kemerdekaan Indonesia, tempat ini kemuadian diakuisisi oleh Kwi Sing. sampai di tahun 2004 diambil alih oleh Pemkab Purbalingga dan dikembangkan menjadi kompleks Waterboom dengan total luas 4,8 hektar, lalu dinamai Owabong yang merupakan kependekan dari Objek Wisata Air Bojongsari.

bersyukurlah Pemerintah Daerah Purbalingga memiliki konsep pengembangan wisata yang bagus. dengan dibangunnya waterboom ini, ekonomi lokal setempat mulai menggeliat. warga masyarakat membuka parkiran atau berjualan di sekitar kawasan waterboom. selain itu di sekitar kompleks Owabong juga dibangun objek wisata lain seperti Museum Reptil dan Museum Uang.

begitu memasuki kompleks waterboom setelah membayar tiket masuk, kita tidak langsung disuguhi kolam renang. namun yang menyambut adalah pohon-pohon tinggi nan rindang. rupanya pengelola Owabong membangun kompleks ini dengan tetap membiarkan lingkungan di sekitar tetap asri.

saya berjalan menyusuri jalan setapak yang dibangun pengelola. tampak terlihat mata air bening yang merupakan sumber air untuk waterboom ini. tak sabar rasanya saya segera menuju ruang ganti dan menikmati segarnya air disini. lalu saya menuju ruang ganti dan menceburkan diri ke kolam paling besar di Owabong.

ada beberapa kolam di Owabong, dengan berbagai jenis wahana seperti Ember Tumpah, Perosotan yang tinggi, trampolin atau sekedar ban yang bisa dipakai. untuk olahraganya, pengelola Owabong juga mempersiapkan kolam renang prestasi dan dulu sempat ada wahana paintball serta outbond, yang sayangnya sekarang ditutup karena sepi peminat.

puas berenang, saya pun segera beralih ke wahana lain. di bagian belakang, pengelola Owabong melakukan perluasan dengan membangun trek untuk Gokart yang disewakan kepada pengunjung. kemudian dibangun juga tempat fish spa yang lumayan luas serta membangun pemandian air panas.

secara umum tempat wisata ini bersih dan tertata, fasilitasnya pun komplet. sayangnya apabila saat hari libur seringkali ditemui pengunjung yang kurang ajar dengan membuang sampah sembarangan, padahal usdah disediakan banyak sekali tempat sampah disini. untuk hiburan, pengelola juga membangun monumen pesawat terbang dari pesawat asli yang dipasang di seberang kolam prestasi.

kolam disini juga dirawat dengan seksama, setiap malam air di kolam dikosongkan, dikuras lalu setiap pagi kolam tersebut dibersihkan oleh para petugas kolam. jadi bisa dipastikan supply air disini dijamin bersih dan segar. oia, bagi pengunjung yang ingin menginap, disini tersedia family cottage yang bisa disewa dengan range harga sekitar 400.000 sd 700.000 per malam untuk 1 cottage.

saya rasa untuk ukuran waterboom di daerah, bukan di kota besar. Owabong ini masih yang paling bagus dan sangat layak dikunjungi.

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s