Trick And Tips

sebuah kepuasan apabila berhasil menembus suatu tempat yang sebelumnya tidak terbayang untuk memasukinya. ada beberapa hal yang harus dilakukan apabila ingin berhasil memasuki sebuah tempat yang eksotis namun susah untuk memasukinya. berikut ini beberapa trick dan tips dari saya, berdasar pengalaman saya :

1. Relasi

manfaatkan relasi untuk membantu anda memasuki kawasan tersebut. bisa teman anda, atau teman dari teman anda. jika belum ada relasi, carilah relasi atau buatlah relasi. percayalah, relasi ini hal terpenting. dengan relasi ini saya bisa menembus Nusakambangan yang tertutup oleh pengunjung yang datang.

2. Komunikasi dan Negosiasi

komunikasikan tujuan anda dengan jujur, kalaupun berbohong, bohonglah dengan wajar tidak lebay.  bersikaplah baik dengan baik dengan penjaga, bertutur kata sopan. komunikasi yang intens ini saya praktekkan ketika saya bisa memasuki beberapa Ereveld di Jawa.

3. Sabar

jika ingin sesuatu berjalan sesuatu keinginan, bersabarlah. jika tidak maka anda akan melewatkan kesempatan, karena kesempatan tidak datang dua kali bukan?

4. Pahami Kearifan Lokal

setiap tempat pasti punya tata aturannya sendiri-sendiri dan itulah yang harus diperhatikan. taatilah aturan-aturan yang berlaku dan jangan membantah. dimana tanah dipijak, disitu adat dijunjung.

5. Izin

Terakhir, jangan lupa minta izin. saya bahkan meminta izin untuk mengambil foto, karena tidak semua tempat bisa difoto dan masyarakat lokal pun mau difoto.

demikian tips dan trick dari saya, saya sarankan juga latih communication skill supaya lebih lancar dalam bernegosiasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s