Mereka Bertolak Ke Tambora.

“Perjalanan ribuan mil dimulai dengan satu langkah kecil”

begitulah pepatah populer yang sering saya dengar. tidak ada perjalanan yang tidak diawali dengan satu langkah kecil. seperti kawan-kawan saya dari InIndonesia yang menyelenggarakan proyek pengiriman buku ke Tambora, bareng-bareng dengan 1Buku.

setelah pelepasan tim jumat malam kemarin yang penuh keceriaan karena selain ada Stand Up Comedy juga bertemu rekan-rekan petualang dari KeluaRumah dan InIndonesia. banyak sekali diskusi tentang movement-movement yang bisa dilakukan sembari travelling. sampai disini ada titik temu bahwa mencintai Indonesia bisa dilakukan sambil travelling yang memberikan manfaat bagi orang lain.

sebelumnya selama dua bulan, InIndonesia dan 1buku sudah bergerak dengan mengumpulkan buku-buku yang akan disalurkan ke Tambora, setelah total ada 300 kilogram buku yang sudah dipaketkan menuju Sumbawa. dan keberangkatan kawan-kawan ke Tambora akan dibagi menjadi 3 tim. Jalur Darat, Jalur Udara dan Jalur Darat dan Udara.

senin kemarin saya membaca update terbaru dari Maxie, salah satu yang ikut ke Tambora bahwa dia sudah berangkat dari Jakarta menuju Tambora dengan sepeda motor. ya, tim darat melakukan overland dari Jakarta sejauh 3000 kilometer pulang pergi dengan sepeda motor. jangan bayangkan dengan Moge seperti pejabat yang gemar touring, mereka overland Jakarta – Tambora dengan motor bebek dan matik. mereka adalah Maxie dan Bram.

Maxie dan Bram memang dikenal sebagai overlander, mereka menjelajahi daerah-daerah di Nusantara dengan sepeda motor, sepak terjangnya tinggi. Bram sebelumnya pernah bersepeda dari Jakarta ke Bali. sementara jika menilik riwayat overlander Maxie, dia sudah sering touring kemana-mana dengan sepeda motor, sebagian rekam jejak bermotornya bisa dilihat di facebooknya Maxie.

perjalanan overland mereka pasti akan sangat panjang, tapi akan sangat menyenangkan. sepanjang jalan mereka akan menikmati Nusantara dari dekat, dari setiap tarikan gas dan dari setiap kota yang mereka lalui dari Jakarta hingga Sumbawa. sungguh saya iri, seandainya saya memiliki kesempatan yang sama dengan mereka.

ribuan kilometer yang ditempuh menuju satu tujuan di Tambora tak sekedar perjalanan senang-senang, ada semangat berbagi, ada kepedulian dengan saudara-saudara kita disana, ada sesuatu yang dilakukan untuk Indonesia dan ada doa untuk mereka disana.

have a beautiful ride mate!

foto-foto perjalanan oleh Maxie Ellia.
update tentang perjalanan ke Tambora bisa disimak di @bramadity dan @inIndonesia_ (tagar #PBTambora)

Indramayu

istirahat di Pemalang.

terjebak hujan di Tegal

istirahat di Pemalang.

4 thoughts on “Mereka Bertolak Ke Tambora.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s