Karena Traveling Juga Berbagi

 

Beberapa bulan yang lalu saya mencoba mencetuskan ide untuk workshop/seminar di SMA 1 Magelang kepada teman saya Dhona dan Anjar. materi utamanya adalah tentang traveling dan gerakan sosial bagi anak-anak SMA, karena Dhona dan Anjar adalah 2 orang teman yang aktif di gerakan sosial. gayung pun bersambut, dengan semangat kami mencoba lobby pihak sekolah dan tak perlu waktu lama, proposal kami di acc dan kegiatan ini pun bisa dilanjutkan.

Kegiatan ini berawal dari semangat bahwa dari traveling kita bisa mendapatkan banyak hal dan berbuat sesuatu yang berguna, tak hanya bersenang-senang dan menghabiskan uang. selain itu alasan kami yang lain adalah memberi perimbangan kepada adik-adik di SMA 1 Magelang bahwa tidak hanya sisi akademis yang perlu dikedepankan, tapi sisi adventure dan sosial juga perlu diasah sebagai soft skill.

Sebenarnya seminar ini akan diisi oleh 5 pemateri dengan bahasan yang berbeda dan menarik, diantaranya Saya mengisi sesi traveling, Dhona dan Anjar mengisi sesi gerakan sosial, Anton mengisi sesi enterpreneur dan Zulfi mengisi sesi film/video maker. Tapi saat hari H, Anton dan Zulfi berhalangan hadir. Karena itu acara terus dilanjutkan dengan 3 pemateri yaitu saya, Dhona dan Anjar. turut datang juga kawan-kawan dari Mafia Kubis dan teman-teman alumni lainnya, tentu saja kedatangan mereka adalah penyuntik semangat bagi kami.

 

Sesi 1.

Setelah menunggu sekian lama karena sebelumnya diisi materi dari sebuah bimbel, akhirnya acara bisa dilaksanakan, yang pertama adalah saya. Materi yang saya bawa adalah “Traveling As A Soft Skill”. Disini saya memaparkan tentang manfaat dari traveling.

Sesi ini saya buka dengan pentingnya menjaga keseimbangan otak kiri dan kanan. menyeimbangkan antara pintar secara akademis dan pintar secara non akademis melalui traveling. disini saya berbagi pengalaman tentang traveling, apa yang saya dapat dari traveling dan memutarkan 2 film tentang traveling. yang pertama Homeland dari Hifatlobrain dan yang kedua adalah video NTT 1 dari teman-teman ACI 2011.

pada saat pemutaran 2 video ini, saya sempat melihat ke adik-adik peserta yang menyaksikan video dengan mata berbinar-binar dan terkagum-kagum dengan keindahan Indonesia. yah, semoga mereka bisa segera menyusul menjadi traveler-traveler muda.

 

Sesi 2

Sesi ini diisi oleh Dhona, lengkapnya Romdhona Prianto. Dhona memaparkan tentang Mafia Kubis, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Dhona dan teman-teman seangkatannya semasa SMA. gerakan ini merupakan gerakan edukatif, yang memberikan pendampingan kepada anak-anak di desa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Pemaparan dari Dhona berlangsung sangat menarik dan membuat adik-adik tertawa. Dia memulai sesi dengan mengatakan bahwa “saya dulu di SMA adalah anak nakal, tapi sesungguhnya anak nakal adalah anak-anak yang kreatif” . sebuah kalimat ampuh bagi anak-anak SMA 1 yang selama ini selalu dijejali dengan doktrin bahwa prestasi akademis adalah prioritas utama.

Sesi 3

kali ini giliran Anjar dengan pemaparan tentang 1 buku untuk indonesia, sebuah gerakan untuk mengirim buku ke daerah-daerah pedalaman. kegiatan ini berawal dari traveling, dari penjelajahan Rosa Dahlia ke Manusela dan akhirnya melahirkan gerakan ini.

Anjar menyadarkan adik-adik di SMA betapa beruntungnya mereka di Magelang denan pendidikan yang sangat layak, dibandingkan dengan saudara-saudara mereka di sudur Indonesia yang lain. Bagaimana mereka berjuang hanya untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Disini sisi kemanusiaan adik-adik SMA diketuk. di sesi ini memang bertujuan untuk menumbuhkan kepekaan sosial kepada adik-adik, menumbukan sikap kepedulian terhadap sesama. sebuah sikap yang kami rasa mulai berkurang sekarang ini dan perlu disemai kembali.

Sesi terakhir diisi dengan tanya-jawab, rupanya adik-adik di SMA 1 Magelang ini sangat antusias terhadap acara ini. beberapa penanya mendapatkan souvenir dari kami dan diakhiri dengan foto bersama.

Harapan saya, semoga acara ini bisa menjadi tonggak awal acara selanjutnya, acara untuk menyebarkan semangat berbagi dan semangat mencintai Indonesia di kalangan adik-adik SMA.

thanks untuk Sandan untuk sebagian foto-foto yang saya muat disini.πŸ™‚

4 thoughts on “Karena Traveling Juga Berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s