Musim Panas Di Hongkong

sumber foto : budgecom

Saya selalu mengenang Hongkong melalui masa kecil saya. Masa kecil yang diisi film-film produksi Hongkong dikala akhir pekan. Gambaran Hongkong di mata seorang anak kecil waktu itu adalah kota yang maju dengan flat-flat tinggi, gedung-gedung megah dan jung yang berlayar pelan di pesisirnya. Dan sejak itu pula saya punya impian, impian sedari kecil untuk suatu saat akan mengunjungi Hongkong.

Hongkong akan selalu menjadi kota favorit di dunia, seperti kata seorang penulis terkenal dari Hongkong, Nury Vittachi berkata “Mungkin kamu akan meninggalkan Hongkong, tapi Hongkong tidak akan pernah meninggalkanmu” . Hongkong akan memberikan impresi kuat bagi mereka yang pernah kesana, kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.

Nury kembali bertutur tentang Hongkong “Drama, pesona dan keindahan Hongkong adalah energi yang tiada habisnya.”Ya, Hongkong pun telah menjadi inspirasi banyak orang. Kota dengan sejuta pesona, dengan berbagai keping budaya yang kemudian menyatu menjadi satu keindahan tersendiri. Keindahan yang menginspirasi banyak orang.

Begitulah Hongkong yang tergambar dari kata-kata Nury, sedikit banyak memberi kesan mendalam bagi saya. Hongkong seindah apa yang sudah dituliskan Nury, bahkan mungkin lebih indah. Sebagai kota yang memiliki fragmen sejarah yang panjang dan menjadi idaman dua negara besar di dunia, Inggris dan Cina. Hongkong pastilah memiliki daya tarik yang cantik, bak gadis idaman yang elok rupawan.

Semenjak dilirik oleh Inggris, dan didandani sebegitu rupa hingga menjadi kota yang amat cantik. Sampai saat kembali kepangkuan Cina, Hongkong tetaplah cantik dan menarik. Pesonanya tidak akan lekang dimakan waktu, sejarah sudah melukiskan keindahannya dan kini Hongkong sudah menebar pesonanya ke seluruh dunia dan meletakkan dirinya sebagai salah satu kota yang wajib dikunjungi di dunia.

Hongkong Nightview

Begitulah Hongkong yang memukau banyak orang, nah alasan lain adalah saat ini di Hongkong sedang musim panas dimana banyak sekali acara menarik yang dihelat. Salah satu diantaranya adalah #HKSummerSpectacular ,sebuah acara tahunan memperingati musim panas yang diselenggerakan di Hongkong dengan berbagai macam menu acara seperti : seni budaya, belanja, menikmati suasana kota yang pasti akan sangat meriah.

Ada apa saja sih di #HKSummerSpectacular ? berikut beberapa sajian rangkaian festival yang mungkin akan menarik untuk dinikmati :

1. Festival Perahu Naga

Perahu Naga

Lomba perahu naga adalah salah satu lomba dayung perahu terpopuler di dunia. Dan di Hongkong inilah rumah bagi Perahu Naga, perahu tradisional dari Jazirah Cina. Perahu ini sempit dan panjang, digawangi puluhan orang dan satu orang di depan berperan sebagai penabuh genderang dan pemberi semangat.

Beberapa tahun silam, kontingen Indonesia pernah mencatatkan nama harum dengan menjuarai perlombaan ini. Nah, acara yang sudah mendunia inilah yang menjadi daya tarik. Saya bisa menikmati tradisi khas turun temurun yang sudah dilaksanakan ratusan tahun dari era Dinasti Han hingga sekarang ini.

2. Festival Musik dan Bir

Beer Fest

Saatnya pesta, Hongkong menyediakan arena pesta dengan tajuk “Lan Kwai Fong Beer & Music Fest 2012”. Acara ini ditujukan untuk para pecinta beer dan penikmat musik, dengan ribuan penonton. Panggung-panggung musik besar dan hampir ratusan booth makanan disiapkan.

Selain menikmati bir dan pesta, ada juga kompetisi-kompetisi unik seperti lomba minum bir dan lomba makan. Anda butuh pesta, Hongkong tempatnya.

Summerpop HK

Kemudian ada Summerpop HK 2012  !! ini juga festival musik yang sangat menarik. Merupakan parade musik dari band-band asli Hongkong. Mereka pentas untuk menghibur penonton sekaligus merayakan musim panas bersama.

Selain 2 festival musik tadi, ada juga Silvermine Bay Music Festival dengan penampilan musisi-musisi dari Hongkong dan luar Hogkong, namun yang menarik di festival musik ini adalah venue yang berasa di pesisir pantai. Pantai dan musik? sebuah sajian yang pas bukan?

3. Festival Komputer 2012

Nama resminya adalah Hong Kong Computer & Communications Festival 2012 , sebuah surga bagi pecinta IT. Festival komputer tahunan terbesar di Hongkong ini akan memanjakan mata para pecinta IT. Sejak 2004, festival ini terus diadakan dan menjadi festival besar yang layak dinanti.

Tak hanya dari segi IT, di festival ini juga akan ditampilkan gadget-gadget mutakhir yang akan menggoda. Serta bagi para games freak, di festival ini tempat rilis games-games terbaru dan menjadi tempat yang tepat untuk menambah koleksi games.

4. Festival Makanan 2012

Untuk para pecinta gastronomi, inilah tempat yang tepat. Hongkong sendiri memiliki subjek gastronomi yang terkenal, yaitu jamuan pesta kerajaan Mancu – Han yang diabadikan di Tao Heung Museum of Food Culture, Hongkong.  Sungguh menarik bukan? bahkan untuk ukuran sebuah Kota, Hongkong bahkan memiliki museum tentang makanan, yang menyimpan koleksi sejarah makanan yang ada di Hongkong dari Masa ke Masa.
Penghargaan akan makanan ini diwujudkan di masa sekarang dengan dihelatnya Hongkong Food Expo 2012 , dalam acara ini akan terdapat booth-booth yang menyajikan makanan dari seantero Hongkong. Selain itu juga akan ada paviliun-paviliun bagi negara-negara tetangga yang menyajikan makanan khas dari negara tersebut seperti Jepang, Mexico dan Filipina. Selain itu pengunjung juga dilibatkan langsung dengan menyelenggarakan public tasting. Hmm…sungguh memanjakan perut bukan?
5. Festival Film Musim Panas
Melengkapi festival-festival yang lain. Hongkong juga menyelenggarakan Hongkong Summer International Film Festival 2012.  yang memutar film-film dari berbagai belahan dunia. Yang menarik disini adalah akan diputarnya Moonrise Kingdom sebagai film penutup. Moonrise Kingdom ini adalah film bagus yang wajib tonton di tahun 2012 yang mendapat kehormatan untuk membuka Festival Film Cannes.
Apakah hanya 5 festival di atas? tidak. Masih ada beberapa festival, seperti : Hongkong Book Fair , International Arts Carnival dan China Opera Festival.  yang wajib untuk dikunjungi di musim panas ini. Sungguh menarik bukan?
Festival-festival tadi merupakan bukti semaraknya Hongkong. Dari segi seni budaya, jika pergi ke Hongkong di saat musim panas, kita tidak hanya melulu mengunjungi destinasi-destinasi menarik disana. Namun juga menikmati sajian seni budaya Hongkong. Sehingga kita tidak hanya sekadar datang di Hongkong, namun ikut menjiwai Hongkong dan larut dalam euforianya.

The Peak

Selain festival-festival di atas, jangan juga melupakan untuk berkunjung di destinasi-destinasi menarik. Destinasi yang akan membuat Hongkong menjadi kota yang tidak akan terlupakan seperti kata Nury Vitachi, destinasi yang akan memberikan inspirasi.
Akan ada banyak sekali pilihan destinasi. Namun ada 10 destinasi populer yang bisa dikunjungi di Hongkong, yaitu :

1. Avenue Of Stars

2. The Peak

3. Ladies Market

4. Clock Tower

5. Disneyland

6. Tsim Sha Tsui Promenade

7. Ocean Park

8. Temple Street Night Market

9. Hongkong Convention Centre

10. The Big Budha

Hongkong memang sangat apik dalam meracik potensi wisatanya, menggabungkan antara kultur budaya, landscape, gedung-gedung tinggi dan pesona masyarakatnya. Sebagai daerah yang dianggap pertemuan antara Barat dan Timur, Hongkong memiliki percampuran budaya yang sangat menarik.  Sehingga dengan modal hal tersebut, Hongkong bisa sangat mempesona.

Harapan saya, suatu saat saya bisa kesana. Dan semoga dengan tulisan ini saya bisa mewujudkannya. Ya, tulisan ini saya ikutkan kompetisi yang diselenggarakan oleh Hongkong Tourism Board, untuk merayakan HKSummerSpectacular. Saya benar-benar ingin sekali merasakan suasana magis di Hongkong, mengunjungi destinasi-destinasi uniknya, meresapi budayanya, mencicipi makanannya dan menyusuri lorong-lorongnya.

Nah, berkaitan dengan HKSummerSpectacular ini, Hongkong Tourism Board yang bertanggung jawab untuk mengurusi campaign pariwisata Hongkong pada 28 Juni 2012 lalu mengadakan Press Conference program HKSummerSpectacular ini di Jakarta. Dalam acara ini,  Regional Director Southeast Asia Hongkong Tourism Board, Mr. Simon Wong memberikan gambaran betapa menariknya program HKSummerSpectacular ini dan mengajak kalangan blogger serta jurnalis untuk mengikuti program ini. Selain itu press conference ini menandai rilis resmi program ini di Indonesia dalam rangka menarik wisatawan/traveler dari Indonesia untuk melancong ke Hongkong.

Walaupun program ini baru dirilis pada saat press conference, namun sebelumnya sudah ada beberapa blogger kondang yang diundang untuk berwisata ke Hongkong, mereka diberangkatkan ke Hongkong oleh Hongkong Tourism Board untuk mencicipi wisata di Hongkong, mulai dari kuliner, budaya, belanja sampai hiburan. Sungguh program yang sangat menarik untuk diikuti.

Untuk yang ingin berpartisipasi, bisa langsung mengikuti kontes blog HKSummerSpectacular – nya disini dengan menulis di blog tentang program ini. Namun apabila malas tulis menulis, jangan khawatir. Ada juga Hongkong Summer Showreel , disini cukup mudah tinggal menyusun 6 foto destinasi wisata di Hongkong, kemudian diisi dengan lagu yang bisa dipilih. Seolah menggambarkan sedang berwisata di Hongkong. Cukup Mudah Bukan?

Nah. Semoga saya bisa mencicipi suasana musim panas di Hongkong tahun ini.🙂

sumber foto dan artikel : HKTB

15 thoughts on “Musim Panas Di Hongkong

  1. AAAAAK envy T_____T banyak banget sih itu festivalnya, coba di Indonesia bisa kayak gitu dan dipusatkan di satu kota trus bonus nggak macet, pasti jd aset buat wisata nih.

  2. Waaaah,….kayaknyaaaaaaaaaaaaaaaa baguuusssss deeeeh,….!!!!
    coba pariwisata Indonesia dibikin packaging kek Hongkong,..pasti saia gak perlu jauh2 ke hongkong untuk menikmati berbagai festival yang gak kalah serunya dari berbagai daerah di Nusantara kita,..😀

  3. wiiihhhhhh!!! salutnya adalah Hongkong hanya merupakan negara yang kalo di Indonesia bisa jadi bukan ibu kota provinsi karena luasnya yang hanya tidak seberapa. Menarik juga kalau ternyata didalamnya terdapat beberapa keunikan yang menjadikan Negara Kota ini menjadi layak untuk dikunjungi. nice post mas mbro!!🙂

  4. kalau mau niru, boleh, tapi kalau dalam waktu dekat sepertinya akan sedikit susah ya menjadikan Indonesia seperti Hongkong. tapi destinasi wisatanya memangmenggiurkan. coba aja, misal, tour indonesia dipaket, sebagai contoh ya Karimun Jawa dipaket dengan Dieng, Borobudur, bonus malioboro dengan hrag miring, saya pasti langsung libas. hahahaha!!!

    • sebenarnya masalahnya adalah bagaimana antara pemerintah dan masyarakat bersinergi untuk menciptakan hal itu.🙂
      bisa dilaksanakan asal insan pariwisata serius.

  5. misal pariwisata Indonesia dibikin paketan pasti banyak yang dateng ya, apalagi dengan harga miring. misal aja nih Karimun jawa – Dieng – Borobudur – Malioboro dipaket dengan harga murah, wah siapa coba yang gak tergiur?

  6. Itu festival berlangsung selama semusim penuh atau gimana sik? kalo lama ya kayaknya berlibur ke sana selama seminggu-dua juga nggak puas😐

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s