Mimpi Ke Selangor

Selangor, sebagai salah satu negara bagian di Malaysia adalah salah satu incaran saya jika suatu saat bisa mengunjungi Malaysia. Sebagai salah satu negara bagian paling kaya di Malaysia, Selangor adalah representasi kemakmuran bangsa Malaysia. Pun dengan tingkat kemiskinan yang paling rendah di Malaysia.

Soal sejarah, Selangor juga memiliki sejarah yang panjang. Dimulai dari abad 16 saat masih dibawah Kesultanan Malaka, kemudian dibawah pemerintahan Portugis dan pada saat itu Selangor sudah merupakan wilayah multikultur dimana banyak tentara Portugis, serdadu bayaran dari Bugis – Makassar sekaligus orang-orang Minangkabau bermukim di Selangor.

Kemudian zaman beranjak, bangsa Cina kemudian masuk ke Selangor dan kepemimpinan Portugis beralih ke tangan Inggris. Sampai kemudian dengan gilang – gemilang Malaysia merdeka dan berhak atas wilayahnya sendiri, Selangor mengiring perjalanan sejarah tersebut dan meletakkan diri sebagai salah satu kota terpenting di Malaysia.

Jika saya di Selangor, maka potret multikultur dan budaya adalah hal pertama yang menarik bagi saya. Perjalanan adalah soal mencecap kehidupan lokal, bukan sekedar objek semata. Maka akan sangat menarik jika saya bisa mengikuti ritme hidup dan memahami kearifan lokal di Selangor.

Sepanjang pengalaman ke luar negeri seperti ke Singapura dan Jepang tempo hari silam, mempelajari kehidupan lokal, berinteraksi dengan orang lokal adalah esensi perjalanan paling berharga. Dan kemudian saya bisa merasakan intisari kehidupan Selangor.

Selangor juga objek yang menarik, saya bisa puas memfoto kemudian menulis cerita panjang. Kemudian pasti akan sangat menyenangkan jika kisah di Selangor saya buat sebuah e-book yang memuat segala macam keindahan Selangor. Secara fotografis, lanskap Selangor juga indah, dengan pemandangan pesisir sampai pegunungan. Tak sabar rasanya memencet shutter kamera untuk merekam keindahan Selangor.

Seperti saat 2011 lalu, saat saya dikirim untuk berkeliling Indonesia oleh salah satu media. Maka jika saya bisa mengelilingi Selangor dalam beberapa hari maka akan sangat menyenangkan. Bisa bertemu dengan kontestan lain, merasakan Selangor sesungguhnya dan kemudian menjalin persahabatan dengan teman-teman baru. Menyenangkan bukan?

Semoga mimpi mengunjungi Selangor bisa segera menjadi kenyataan.

Postingan ini diikutkan untuk MySelangorStory. Yah, semoga saya bisa menjadi salah satu kontestan, walaupun waktu submit sudah mendekati deadline.

Farchan Noor Rachman : travel blogger, travel writer (now currently of write a book about my traveling experience), interesting in photography, love history and cultural, now have a project #magelangsidetrip (compilation e-book about Magelang cultural, interesting place and culinary story)

my photography portofolio :

Presentation1

my last e book project #magelangsidetrip :

6 thoughts on “Mimpi Ke Selangor

Leave a Reply

