Review : Six Degrees Backpackers Hostel Cikini.


Tangkapan layar penuh 25032013 211433.bmp

Kegemaran saya traveling membawa saya pada sebuahkegemaran baru yaitu memburu penginapan murah di daerah yang saya singgahi. Nah, kebetulan kemarin sebelum ke Jakarta seperti kebiasaan saya mulai hunting penginapan murah selama saya ke Jakarta dan ketika saya iseng-iseng googling saya mendapat informasi tentang backpacker hostel di Jakarta. Wah, itu semacam surprise bagi saya, selama ini jarang sekali saya mendapat informasi soal backpacker hostel di Jakarta.

Nama hostel tersebut adalah Six Degrees, berlokasi di Jalan Cikini Raya no. 60 B-C, Menteng, Jakarta Pusat. Berlokasi tidak jauh dari Taman Ismail Marzuki dan bersebelahan dengan restoran waralaba Texas Fried Chicken. Jika kita berjalan dari arah Tugu Tani/TIM maka hostel ini ada di sebelah kanan jalan, tepat sebelum pertigaan Jl. Cikini Raya dan Jl. Raden Saleh. Setelah tahu dari internet dan membuka website Six Degrees, saya kemudian menelepon Six Degrees dan diterima oleh Mbak Ning yang sangat ramah untuk melakukan booking kamar di hostel ini..

Setelah turun dari Stasiun Gambir, saya segera menyeberang dan menunggu Kopaja jurusan Senen – Lebak Bulus untuk membawa saya ke hostel. Saya turun di depan SMPN 1 Jakarta, menyeberang dan akhirnya sampai di Six Degrees Backpackers Hostel. Saya disambut oleh salah satu owner Six Degrees yaitu Mbak Ning yang sangat ramah dan murah senyum, Mbak Ning memberi saya kunci kamar dan loker untuk saya. Tarif untuk 1 bed di Dormitory Room adalah Rp 120.000 / malam, tergolong murah untuk ukuran saya.

IMG_20130322_153500

Mbak Ning, owner Six Degrees yang ramah.🙂

Mbak Ning mengantar saya untuk berkeliling sebentar di lantai 1, fasilitasnya lengkap ada meja biliar,  bar, meja makan, kursi tamu, konsol X-Box 360dan untuk lebih memanjakan tamunya, Six Degrees memiliki mini sinema dengan koleksi ribuan film. Hostel ini dikelola bersama oleh 2 saudara kembar Mbak Ning dan Mbak Wati bersama suami  mereka, berempat saling bantu dan bahu membahu mengelola hostel yang interiornya cantik dan nyeni ini.

Saya mendapat kamar no 9 dan tempat tidur nomor 8 / dorm 8 bed. Terletak di lantai 3, kata Mbak Ning kamar yang saya tempati masih baru, baru selesai 2 bulan yang lalu. Pikiran saya, saya mendapatkan kamar dormitory seperti biasa, yaitu kamar dengan beberapa ranjang susun, seperti di hostel-hostel yang saya singgahi sebelumnya. Tapi rupanya saya salah.

Dorm saya rupanya sangat cantik dan saya langsung suka pada pandangan pertama. Kamar saya ber-AC yang cukup dingin dengan 8 tempat tidur di kamar saya disusun bak hotel kapsul di Jepang, setiap tamu mendapat satu bed seperti di dalam kapsul. Penataan dan pemilihan warna kapsul 2 susun itupun cantik. Dalam kapsul tersebut terdapat 1 kasur, bantal, selimut, kemudian pada panel dinding terdapat kipas angin kecil, lampu baca, gantungan kunci, lubang steker, kemudian colokan USB yang voltasenya sesuai untuk mencharge hape yang saya punya. Selain fasilitas tadi, pada bagian bawah tempat tidur terdapat kompartemen untuk sepatu dan tidak lupa sebuah loker untuk tempat barang-barang berharga kepunyaan tamu.

IMG_20130322_154617

Capsule Dorm saya

IMG_20130322_154605

Bed

IMG_20130322_155129

Lampu Baca, Steker, Colokan USB.

Hostel ini bersih, nyaman dan tenang dengan kru yang sangat ramah, alamat saya bisa tidur dengan nyenyak dan betah tinggal disini. Kejutan tak hanya selesai disini, di lantai 4 terdapat sebuah dapur yang bisa dipakai serta sebuah meja makan yang cukup besar. Tak hanya sampai disini, di rooftop juga terdapat taman kecil dengan balai-balai yang bisa dipakai untuk bersantai atau sekadar menikmati panorama kota Jakarta yang cantik dari atap hostel, sempurna! Koneksi wi-fi disini pun kencang, jadi saya tidak mengalami kesulitan mengakses internet karena koneksi wi-finya mencakup semua lantai. Sungguh benar-benar fasilitas dan layanan yang komplit.

Selain berbagai fasilitas yang saya sebut tadi dan bagi saya sudah memanjakan saya, dengan harga yang saya bayar saya sudah mendapatkan sarapan di pagi hari, menu yang saya dapat adalah setangkup roti tawar bakar dan salad buah-buahan segar plus saya bisa sesuka hati membuat teh manis hangat atau memilih secangkir kopi pahit yang sudah disiapkan setiap pagi.

Keunggulan lain hostel ini adalah lokasinya yang sangat strategis dan terletak di pusat kota. Dekat dengan akses transportasi seperti Stasiun Gambir, Stasiun Senen untuk perjalanan luar kota dan Stasiun Cikini untuk akses dalam kota Jakarta. Selain itu di dekat hostel juga banyak pilihan kuliner seperti Gado-gado Bonbin, Bubur Ayam Cikini, McD, KFC, deretan resto arab di Jalan Raden Salah atau bahkan resto-resto dan cafe di Menteng Huis dan sekitarnya bahkan disamping hostel adalah restoran waralaba Texas Fried Chicken. Jika misalkan membutuhkan bekal atau barang-barang kebutuhan pribadi, Six Degrees dekat dengan Seven Eleven dan Carrefour. Terakhir hostel ini bahkan sangat dekat dengan pusat hiburan seperti Taman Ismail Marzuki dan Bioskop Metropole. Lokasi yang berada di pusat kota juga memudahkan untuk akses di beberapa tempat wisata dan belanja di Jakarta.

IMG_20130322_160558

Kitchen and Dining Room

IMG_20130322_160703

Rooftop Garden

Tingkat okupansi hostel ini cukup tinggi, tamu datang silih berganti. Namun walaupun begitu suasana keakraban cepat sekali terjalin antara owner, tamu dan para kru hostel seperti Bob dan Mas Restu. Di malam hari para tamu yang mayoritas adalah backpacker / traveler berkumpul di lantai satu, beberapa ada yang nongkrong sambil menikmati suasana malam di depan hostel. Suasana sangat cair dan saling bertukar informasi. Berdasarkan observasi pribadi, setelah dari Six Deegres rata-rata para backpacker / traveler disini meneruskan perjalanan ke Bandung atau Jogjakarta.

Tingkat okupansi yang tinggi ini menurut saya tak lain karena kualitas layanan dan fasilitas di hostel ini sangat memuaskan dan tingkat kenyamanannya cukup tinggi sehingga tamu-tamu merasa betah disini. Dan memang bagi saya hostel ini sangat nyaman dan saya akan menjadikannya prioritas untuk menginap di Jakarta. Dengan segala layanan fasilitas, kenyamanan dan standar tinggi, pantas saja jika Six Degrees Backpackers Hostel meraih predikat The Best Hostel   in Indonesia tahun 2013 versi hostelworld.com . Dan menurut saya  Six Degrees memang layak mendapatkannya.

IMG_20130323_091247

Saran saya, jika ingin merasakan suasana dorm hostel seperti di luar negeri dan merasakan pengalaman sebagai seorang backpacker di Jakarta, cobalah menginap di Six Degrees Hostel. Dan semoga Six Degrees segera melebarkan sayapnya di kota-kota lain di Indonesia.

Tabik.

Keterangan : 

Website resmi Six Degrees Backpackers Hostel ada di jakarta-backpackers-hostel.com

Rate di hostel ini antara Rp 120.000 – Rp 260.000,00

Alamat : Jalan Cikini Raya 60 B-C, Jakarta 10330.

Telepon : 021 –  314 1657

Untuk mencapai hostel ini cukup mudah, dari Tugu Tani ke arah TIM hanya 5 menit dengan kendaraan bermotor, lokasinya persis ada di seberang pertigaan Jalan Raden Saleh dan Cikini Raya, di sebelah Texas Fried Chicken Cikini. Jika dari Gambir bisa menyeberang kemudian naik Kopaja jurusan Senen – Lebak Bulus dan turun di depan hostel. Jika naik KRL Jabodetabek, ambil yang relasi Cikini dan turun di Stasiun Cikini.

18 thoughts on “Review : Six Degrees Backpackers Hostel Cikini.

    • iya mas..tapi kudu booking jauh-jauh hari mas, kalo go show bakal susah dapat kamar kosong..
      disini selalu penuh soalnya mas, saya aja termasuk beruntung kemarin bisa dapat 1 bed di dorm.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s