Ada Kastil Di Jogja !

164975_4136735671666_184983611_n

 

Hayo, kata siapa di Jogja cuma ada Keraton? Agak ke selatan, tepatnya di bilangan Godean terdapat sebuah kastil yang gagah berdiri di tengah persawahan. Kastil? iya Kastil, di papan namanya jelas tertulis Soragan Castle. Mirip kastil-kastil di Eropa dengan struktur luar dari batu dan menara puncak yang menjulang tinggi.

Halaman kastil cukup luas dan mampu memuat puluhan mobil, di samping kastil juga ada lapangan rumput yang cukup luas dan bisa gegoleran sepuasnya. Tapi apa sebenarnya Soragan Castle itu? Kalau penasaran, langsung saja menuju Godean, persis di depan Mirota Godean ada pertigaan kecil, masuk ke pertigaan itu. Kurang lebih 500 meter dari pertigaan sudah tampak bangunan kastil tersebut.

Dulunya kastil ini sebenarnya adalah restoran yang menyajikan menu-menu barat, dan bentuk kastilnya untuk menambah nuansa kebarat-baratan itu. Mungkin yang makan disana bisa merasakan makan dengan nuansa putri salju atau negeri dongeng. Sekarang kastil tersebut tetap bernama Soragan Castle, namun sudah berubah menjadi Rumah Makan Pondok Udang Mang Engking, sebut saja Mang Engking.

Siapa yang tak kenal dengan Mang Engking? sajian udang madunya bahkan sudah tersohor dimana-mana. Dan memang tujuan saya kesitu, mencicip udang bakar madu yang tersohor itu bersama keluarga. Tapi bagi sepupu saya justru bukan udang bakarnya yang menarik perhatian, tapi bentuk kastilnya yang unik. Sampai-sampai adik sepupu saya merengek-rengek minta difoto dengan berbagai pose di depan kastil.

Di bagian samping dan belakang kastil difungsikan untuk tempat makan bagi tamu-tamu Mang Engking. Arsitekturnya menarik dengan konstruksi bambu. Di bagian tengah terdapat hall besar dari bambu yang diapit gazebo-gazebo kecil untuk tamu yang memilih untuk lesehan. Pesanan saya tentu saja udang bakar madu yang harga satu porsinya cukup lumayan untuk langsung mengempeskan kantong. Ibu, adik dan 2 adik sepupu langsung menyikat habis udang bakar madu yang memang rasanya lezat itu, pas lah dengan harganya.

Namun saya justru melihat hal lain dari restoran Mang Engking ini, yaitu gabungan bagian depan yang berbentuk kastil kemudian dipadukan dengan bangunan bambu. Konsep perpaduan bangunan barat – timur yang cukup pas untuk dipandang. Di bagian samping, antara hall dan gazebo-gazebo terdapat kolam ikan kecil dan taman-taman. Sementara di bagian belakang terdapat kolam utama yang besar serta taman dan menara pandang dari bambu dengan pemandangan persawahan Godean. Cocok dinikmati seusai makan.

Nah, jika penasaran dengan Kastil di Jogja ini, segera saja meluncur ke Godean. Tengok kastilnya dan rasakan kelezatan Udang Bakar Madu Mang Engking-nya.

Salam.

Kiki, Fia, Nisa dan Ibu.

Menara Kastil

Taman Belakang

18 thoughts on “Ada Kastil Di Jogja !

  1. Saya dan keluarga, kami ber-enam memesan lauk 3 porsi udang bakar madu, 1 ekor gurami goreng dan 1 porsi cumi bumbu padang. Menu unggulan dari Mang Engking Jogja ini adalah menu udang bakar madu-nya, yang menurut saya sih emang rasanya enak dan belum pernah nemu di tempat lain. Untuk menu yang lain, rasanya juga lumayan nendang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s