Bootcamp Batu Hijau 6 : Sayonara Sumbawa

DSC_0026

Berdiri ki -ka : Zacky, Newmont, Rohib, Regy, Audrey, Harris, Mumun, Ibnu, Molet, Arie, Mufti, Yudi, Muty, Bram
Jongkok : Alfons, Saya, Titiw, Eko dan Cumi

Saya menulis ini diantara malam perpisahan Bootcamp yang sedang diselenggarakan di Lombok Garden Hotel. Acara ini sebenarnya adalah presentasi dan diskusi tentang pelaksanaan Bootcamp yang sudah berlangsung sejak seminggu yang lalu. Alih-alih menyimak dengan seksama, hati saya justru disergap rasa sendu. Namanya juga perpisahan, siapa yang tak hendak sendu dengan rasa perpisahan? tapi itulah namanya hidup, ada pertemuan pastilah ada perpisahan, itu adalah sebuah keniscayaan yang akan selalu ada dalam kehidupan.

Jujur, saya merasa sangat beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Bootcamp yang dilaksanakan di PT Newmont Nusa Tenggara. Apa pasal? ada banyak sekali pengetahuan baru yang saya dapatkan, pembelajaran dan juga pandangan baru mengenai aktivitas pertambangan. Skeptisisme dan sinisme saya terhadap tambang seperti yang sudah pernah saya posting di postingan pertama mengenai bootcamp kemudian berganti dengan objektifitas baru mengenai kegiatan perusahaan pertambangan. Bahwa skeptis itu sah-sah saja, namun jika hanya melihat satu sisi saja, maka pandangan seseorang tidak akan bisa jernih. Dan itulah yang saya rasakan, mengerti 2 sisi mata uang yang benar-benar berbeda, memaknai secara seimbang untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Lelah sepanjang  7 hari perjalanan mulai dari menyelam, berlayar di laut, off road, trekking, terbayar dengan pengalaman tak terlupakan. Bertemu dengan teman-teman bootcamp lainnya, berkenalan dengan para pekerja tambang, mengenal kehidupan sekitar tambang, memahami kultur sosial masyarakat dan mengikuti upaya reklamasi dan konservasi lingkungan pada akhirnya adalah sebuah  pelajaran berharga yang saya dapat dari kunjungan ke Batu Hijau.

Secara pribadi saya berterima kasih untuk Jenni Renita, Ibrahim “Bram” dan Fradhea dari pihak Public Relations Newmont Jakarta yang memberikan saya kesempatan untuk mengikuti Bootcamp. Mas Arie dan Pak Molet dari Media Relations Newmont Nusa Tenggara yang mendampingi kami selama di Sumbawa Barat, mengikuti peserta yang super bandel, mulai dari pantai sampai gunung, mulai dari makan dendeng sapi sampai Lamongan. Pak Gede dan Hidayat untuk kesempatan diving di Benete. Kemudian untuk Sally, Alam dan sosok-sosok hebat Marine Conservation and Ecology untuk kesempatan pengarungan laut penuh gelombang selama kurang lebih 4 jam. Serta untuk semua pewagai-pegawai PT Newmont Nusa Tenggara yang telah memberikan wawasan baru untuk saya. Seluruh masyarakat Maluk dan Sekongkang yang membuka rumahnya untuk menginap rombongan bootcamp, terima kasih tak terkira untuk keramahan dan senyum hangat serta cerita-cerita luar biasa.

Terakhir, untuk semua rekan-rekan bootcamp. Terima kasih untuk canda, tawa selama 7 hari bersama di Sumbawa.

Sayonara Sumbawa, suatu saat kita jumpa pula.

Tabik dari Mataram.

2 thoughts on “Bootcamp Batu Hijau 6 : Sayonara Sumbawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s