Bootcamp Batu Hijau 8 : Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat

935608_10200656555955256_768025365_n

Pendidikan.

Bentuk CSR yang paling banyak ditemui adalah CSR di bidang pendidikan, dan itupun yang dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara dengan melakukan bentuk-bentuk CSR di bidang pendidikan. Saya bertemu dengan Kepala Sekolah SD Negeri 2 Maluk, sekolah yang kami kunjungi saat Bootcamp Batuhijau untuk melihat bagaimana CSR di bidang pendidikan yang dilakukan oleh Newmont. Pak Kepala Sekolah bertutur, beberapa dekade lalu, SD ini tidak ada apa-apanya, hanya seonggok bangunan a la kadarnya dan cukup memprihatinkan untuk disebut sebagai sekolah.

Sebelum Newmont kemudian menggelontorkan dana CSR – nya, SD ini mungkin tidak dilirik oleh pemerintah, selain lokasinya jauh, daerahnya juga sepi. Seperti yang pak kepala sekolah bilang, a la kadarnya. Tapi kemudian sekolah ini kembali menjadi sekolah yang cemerlang berkat dana CSR dari Newmont. Bangunan diperbagus, fasilitas diperlengkap dan mutu pendidikan pun meningkat.

Apa yang dilakukan oleh Newmont tampak nyata di sekolah ini, dari SD Negeri yang bukan apa-apa, sekarang menjadi SD Negeri dengan segudang prestasi dan sederetan piala. Ketika tim kami yang terdiri dari Mumun, Bram, Ibnu, Audrey, Rohib, dan Mas Harris masuk untuk mengajar anak-anak SD Negeri 2 Maluk sebagai bagian dari kegiatan Bootcamp. Terlihat jelas kekritisan dan kepintaran anak-anak di SD tersebut. Anak-anak berebut menjawab pertanyaan pun menyimak presentasi dengan tekun.

Selain pembangunan infrastruktur pendidikan di sekitar tambang, Newmont juga sudah memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi di Sumbawa Barat. Banyak diantaranya yang mendapat beasiswa sampai tuntas perguruan tinggi. Komitmen ini terus dijaga oleh PT Newmont. Untuk periode 2013/2014 direncanakan akan ada sekitar 558 penerima beasiswa yang terbagi dalam beberapa kategori. Hal ini menunjukkan bahwa upaya CSR PT Newmont ini akan terus berkelanjutan untuk membangun masyarakat di sekitar tambang melalui pendidikan.

Kesehatan.

Selain soal pendidikan, kepedulian PT Newmont Nusa Tenggara terhadap lingkungan sekitar juga diwujudkan di bidang kesehatan. Dalam kesempatan bootcamp ini, seluruh peserta bootcamp diajak untuk mengunjungi Puskesmas Sekongkang. Disini kami ditunjukkan dengan CSR yang dilakukan oleh Newmont yaitu pembangunan bangunan fisik Puskesmas yang sekarang sudah bisa melayani masyarakat Sekongkang dengan begitu baik.

Bangunan fisik yang dibangun oleh Newmont diantaranya adalah bangunan rawat inap di sisi belakang Puskesmas. Tak hanya berhenti di pembangunan fisik, Newmont juga membuat gerakan untuk memberantas Malaria di kawasan Maluk, Sekongkang dan sekitarnya. Bisa dibilang di masa lalu, kawasan Maluk adalah daerah endemik Malaria dan itu cukup menjadi momok bagi penduduk setempat.

Namun kemudian Newmont hadir dengan program pengendalian Malaria dan hasilnya sekarang kawasan sekitar tambang sudah terbebas dari kawasan endemik Malaria dan sampai sekarang tes rutin Malaria ini masih dilaksanakan untuk mengontrol populasi nyamuk Malaria di kawasan Maluk, Sekongkang dan sekitarnya.

Dari 2 hal di atas, saya tidak bisa menyangsikan lagi komitmen CSR Newmont. Itu hanya 2 dari beberapa bentuk CSR yang sudah Newmont lakukan, masih ada banyak bentuk CSR lainnya seperti pembangunan kebun bibit, pembiakan sapi, pembangunan sumber air dan banyak hal lainnya. Banyak hal yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah, kemudian diambil alih oleh Newmont, hal yang sebenarnya sudah bukan tanggung jawab Newmont sebagai perusahaan. Sebagai perusahaan tambang, Newmont sudah banyak melakukan hal-hal untuk menjaga lingkungan tetap lestari kehidupan masyarakat setempat.

Tabik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s