Yang Sedap Dari Pontianak : Chai Kwe

74964_4782434357710_831542351_n

Sebagai daerah multietnis dan menjadi melting pot berbagai suku bangsa, Pontianak kemudian memiliki berbagai macam kekayaan hasil budaya yang justru sangat membaur dan saling melengkapi satu sama lain. Seperti di bidang kuliner, ragam kuliner khas Pontianak sangat banyak dan datang dari makanan khas suku bangsa yang berbeda satu sama lain. Nah, salah satu juga cukup mempengaruhi ragam kuliner adalah orang-orang Tionghoa. Memang orang Tionghoa sudah lekat dengan Pontianak dan kuliner khas Tionghoa sudah menjamur dan akrab di lidah orang Pontianak kebanyakan.

Salah satu ragam kuliner yang cukup terkenal khas Tionghoa di Pontianak adalah Chai Kwe. Makanan ini semacam folklore di masyarakat Pontianak, kelezatannya senantiasa diceritakan dan kehadirannya selalu diburu. Kedai yang menyajikan Chai Kwe hampir dipastikan selalu penuh pengunjung, tidak siang tidak malam semua ingin menyicip Chai Kwe. Chai Kwe ini tumbuh dari orang-orang Tionghoa Theochew, kelompok orang Tionghoa yang mayoritas ada di Pontianak.

Chai Kwe sendiri adalah makanan semacam pastel hanya kulitnya tidak digoreng, dibiarkan basah. Digolongkan sebagai kue basah. Kulitnya yang tipis tersebut terbuat dari tepung beras dan topioka yang digiling, dicampur dengan air kemudian digiling dan dibentuk adonan kulit. Sementara isinya bermacam-macam, mulai dari keladi, kucai, daging ayam, udang, sampai bengkuang. Kemudian isi Chai Kwe ini dibalut dengan adonan kulit dan dikukus sampai matang.

Sajian Chai Kwe ini kemudian disajikan dalam wadah dari alumunium beralaskan daun pisang. Chai Kwe disusun melingkar sesuai dengan isi Chai Kwe nya sendiri. Penyajiannya disajikan sesaat setelah Chai Kwe ini matang, jadi Chai Kwe disantap selagi panas, fresh from the oven.  Pelengkap makan Chai Kwe adalah dengan kecap yang rasanya sedikit asam dan sambal. Chai Kwe dicocol pada campuran kecap dan sambal tadi kemudian langsung disantap. Rasanya? Jangan tanya. Sedap luar biasa.

Harga Chai Kwe bervariasi tergantung dari kedai yang menjualnya. Namun untuk makan berdua biasanya bisa memesan 10 -15 Chai Kwe beraneka isi. Dijamin ketagihan dan wajib mencoba makanan ini selagi di Pontianak.

Tabik.

nb :

1. Thanks buat Andika dan Yusman yang mengantar saya menyicip makanan lezat ini.

2. Salah satu Chai Kwe enak ada di Gleam Cafe, Jalan Tamar No.3, Pontianak.

321384_4782434557715_1778871155_n

 

64634_4782434717719_892905424_n

3 thoughts on “Yang Sedap Dari Pontianak : Chai Kwe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s